Cara Screenshot di Layar Laptop Lenovo

Cara Screenshot di Layar Laptop Lenovo

  • December 23, 2020

cbr-world.com – Screenshot atau yang biasa dikenal sebagai tangkap layar, merupakan salah satu gambaran yang biasa diambil dari layar gadget. Seperti pada perangkat desktop, smartphone, tablet, dan beberapa perangkat lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa penerapan screenshot atau SS di setiap perangkat umumnya adalah sama. Namun setiap vendor memberikan cara yang berbeda-beda untuk memprosesnya.

Namun ada pula yang membutuhkan sebuah software tambahan untuk dipasang di perangkat tersebut. Terutama untuk perangkat mobile tipe lama. Tetapi, secara umum setiap smartphone yang beredar saat ini sudah mendukung proses screenshot teknik modern. Dimana hanya membutuhkan tombol kombinasi pada sebuah perangkat itu sendiri. 

Namun bagaimana cara SS di laptop Lenovo? Dan apakah memerlukan sebuah perangkat tambahan untuk menjalankannya? Jawabannya tentu saja tidak. Anda hanya perlu menyimak informasi di bawah ini.

Tata Cara Screenshot di Layar Laptop Lenovo

Perangkat laptop atau desktop Lenovo tidak membutuhkan software tambahan untuk proses tangkap ambil layar atau screenshot. Karena fitur screenshot pada perangkat ini sudah tertanam secara default, pada sebuah program atau operating sistem itu sendiri. Secara umum screenshot berfungsi untuk memberitahukan kepada banyak orang, tentang apa saja yang kita lihat pada layar desktop.

Sebab dengan tampilan SS tersebut, kita bisa lebih mampu menjelaskan sesuatu yang lebih akurat, sampai ke detail-detailnya. Dalam tampilan desktop pada perangkat Lenovo kita bisa melakukan screenshot dengan beberapa cara. Dimana setiap cara memiliki fungsi yang sama, namun prosesnya saja yang berbeda.

  1. Menggunakan Tombol “print Screen”

Tombol print screen merupakan salah satu tombol yang juga ada pada keyboard Lenovo. Untuk melakukan screenshot, Anda hanya perlu menentukan area halaman mana dulu yang perlu di SS. Kemudian tinggal menekan tombol “Print Screen” di sebelah kanan atas. Jika tidak bisa, maka Anda dapat mengkombinasikannya dengan tombol “Fn + PrntScr”.

Namun untuk menyimpannya, Anda memerlukan app editing seperti “Pain”. Kemudian tinggal mempastenya ke halaman kosong Pain, dengan cara menekan Ctrl+V. setelah muncul, Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu, atau bisa langsung Anda simpan ke media yang diinginkan.

  1. Menggunakan Snipping Tool

Snipping tool adalah sebuah software bawaan dari windows. Yang dapat digunakan untuk mengambil tangkap layar atau screenshot pada laptop Lenovo. Jadi snipping tool hanya bisa digunakan untuk perangkat Lenovo yang memiliki sistem operasi windows saja. Cara untuk SSnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menentukan area yang akan di SS terlebih dahulu.

Kemudian cari software SS tersebut di start menu, atau bisa Anda cari di kolom pencarian. Setelah terbuka, maka akan terdapat menu melayang kemudian pilih tombol new. Sampai disini Anda bisa langsung screnshot layar dan menyimpan file SS ke media penyimpanan yang telah ada.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Baterai Hp yang Cepat Habis

Itulah tata cara SS di laptop Lenovo, yang bisa Anda praktekkan secara mandiri. Karena cara-cara tersebut bukanlah sebuah cara yang sulit untuk dilakukan.

Lane

E-mail : admin@cbr-world.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*